Tuesday, April 11, 2017

Ini Cara Mudah Untuk Mempersingkat Waktu

Perjalanan pulang dari acara workshop di Bali ke Jakarta dengan pesawat terbang memakan waktu kurang lebih dua jam.

Memang dua jam terdengar singkat ya, namun singkat atau tidak, ini sifatnya relatif. Dua jam bisa menjadi waktu yang lama dan melelahkan, jika Anda tidak tahu bagaimana menikmatinya atau tidak ada sesuatu yang bisa dikerjakan.

Coba bayangkan saat Anda harus terbang di penerbangan malam hari, ditambah dengan kondisi fisik dan mental yang sangat lelah, setelah diharuskan menunggu delay selama hampir 90 menit. Letih, lelah, capek, sebel, gemes... semua perasaan ini bercampur-aduk dalam hati dan pikiran Anda. Gimana rasanya? Hmm... sekarang Anda bisa mulai bayangkan dan rasakan, iya kan...

Baik, sekarang mari kita bicara tentang waktu. Dalam dunia Neuro Linguistic Programming (NLP), dikenal istilah distorsi waktu (/Time Distortion). 

Dalam konsep distorsi waktu, kami mempelajari bagaimana caranya untuk mempercepat waktu (/Speeding Time) atau memperlambat waktu (/Slowing Time) dengan menggunakan teknik tertentu. Ini adalah teknik yang sangat bagus, dan teknik inilah yang sering saya gunakan sebelum mulai mengenal dan mempelajari dunia hipnosis.

Setelah mempelajari hipnosis, terutama self-hypnosis yang secara alami memungkinkan kita untuk masuk dengan mudah kedalam kondisi relaksasi yang sangat dalam dan menyenangkan, saya memahami bahwa ternyata teknik ini juga dapat membawa kita mengalani fenomena yang sama dengan Time Distortion - Speeding Time dalam NLP.

Perlu dicatat bahwa teknik Time Distortion dalam NLP dan Hipnosis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga berbeda cara penggunaannya. Namun dalam artikel ini, saya hanya akan menyoroti fenomena yang sama-sama dihasilkan dari kedua teknik ini, yaitu distorsi waktu, khususnya Speeding Time.

Bagi saya pribadi, teknik dalam hipnosis inilah yang sekarang lebih sering saya gunakan disaat saya membutuhkan untuk bisa mempercepat waktu dengan mudah. Ini saat seperti yang saya alami dalam dua jam perjalanan dari Bali ke Jakarta yang melelahkan itu.

Satu hal yang menarik adalah, penelitian membuktikan bahwa saat Anda berada dalam kondisi relaksasi, dengan level kedalaman tertentu, secara otomatis terjadilah fenomena yang serupa dengan Time Distortion -Speeding Time, yang saya sudah jelaskan diatas.

Level kedalaman inilah kuncinya, sayangnya tidak semua orang mengerti cara masuk kedalam kondisi relaksasi yang dalam seperti ini. Dalam konteks hipnoyerapi, disinilah peran seorang hipnoterapis menjadi penting. Untuk dapat melakukan terapi yang efektif, diperlukan level kedalaman yang spesifik. Level kedalaman ini disebut dengan Profound Somnambulism dalam skala hipnotic depth level Adi W Gunawan Institute of Mind Technology (AWGI).

Baik, sekarang kembali kedalam kabin pesawat terbang. Demikianlah terjadi, dengan teknik tertentu saya masuk kedalam kondisi relaksasi yang sangat dalam dan menyenangkan dan mempertahankan kondisi ini di level kedalaman 

Saat berada dalam kondisi ini, waktu terasa begitu cepat dan saya baru keluar dari kondisi relaksasi ini saat mendengar sang pramugari mengumumkan saat mendarat yang sudah dekat. Anda tahu artinya kan, artinya saat itu saya sudah berada dalam kondisi relaksasi selama sekitar dua jam. Namun bagi pikiran saya, rasanya baru 15 menit saja saya memejamkan mata.

Dan tahukah Anda apa yang menarik? Saat saya keluar dari kondisi relaksasi itu, saya keluar dengan kondisi tubuh dan pikiran yang sangat segar, mata terang dan penuh dengan semangat baru...

Menarik ya.. bagaimana menurut Anda?

No comments:

Post a Comment